Lambang PSI adalah Berwarna Kuning Emas dan Memuat Merah Putih dalam Segi Empat (belah ketupat), Lambang Matahari Bersinar Sebelas, Kepala Harimau dilingkari Padi dan Kapas dalam Bingkai Segi Lima sebagai mana digambarkan dalam lampiran I yang merupakan bagian integral dan tidak dapat di pisahkan dari Anggaran Dasar ini, dengan Penjelasan dan Pengertian sebgai berikut :

null

Bingkai Segilima

Bingkai Segilima melambangkan kesetiaan pada Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
null

Kuning Emas

Melambangkan Cinta Persatuan dan Kesatuan dalam Keluhuran, Keagungan dan Kejayaan Jagat Raya Bumi Pertiwi Nusantara.
null

Merah Putih

Melambangkan bibir manusia yang harus dijaga dan dipelihara, jangan sampai bertindak dan berbicara bukan pada tempatnya
null

Matahari Bersinar Sebelas

Melambangkan Sumber Cahaya yang memberikan kehidupan untuk melaksanakan tugas/pengabdian serta beramal secara karya nyata demi kepentingan dan nilai-nilai kemanusiaan.
null

Kepala Harimau

Melambangkan semangat pantang menyerah dalam memperjuangkan dan membela kebenaran demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
null

Padi dan Kapas

Melambangkan bertekad untuk mewujudkan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan

Lambang PSI wajib dipergunakan pada setiap Kegiatan PSI, antara lain Musyawarah PSI, Rapat-rapat dan seluruh kegiatan di tingkat Nasional, Provinsi, dan kabupaten/Kota serta Pelantikan Pengurus.

Pejuang Siliwangi Indonesia mempunyai ikrar “CATUR EKA MARGA”, yang artinya Catur adalah Empat, Eka adalah Satu, Marga adalah Jalan. Hal ini menyatakan Ikrar Sumpah Setia Anggota Pejuang Siliwangi Indonesia didalam melaksanakan kegiatan Organisasi.

Ikrar “Catur Eka Marga” Pejuang Siliwangi
1. Kami Warga Pejuang Siliwangi Indonesia, adalah Insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta setia kepada Pancasila dan UUD 1945.
2. Kami Warga Pejuang Siliwangi Indonesia, adalah Insan yang setia, jujur, disiplin, tegas,sanggup menjaga kewibawaan pimpinan, serta ikhlas di dalam mengamalkan segala tugas demi kepentingan Bangsa dan Negara.
3. Kami Warga Pejuang Siliwangi Indonesia, adalah pembela ideologi Negara, cinta kedamaian, persatuan dan bangsa, bertekad memperjuangkan amanat penderitaan rakyat sesuai dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Kami Warga Pejuang Siliwangi Indonesia, adalah Insan yang setia kawan, menjunjung tinggi derajat kemanusiaan, percaya diri dan bertawaqal terhadap Allah Tuhan Yang Maha Esa

Catur adalah Empat, yang berarti
1. Silih Asih, dilandasi cinta kasih sayang.
2. Silih Asah, Cinta belajar didalam mencari ilmu dan suka bertanya, berdiskusi untuk mencari ilmu yang bermanfaat dan maslahat untuk kehidupan bermasyarakat di dunia dan akhirat.
3. SilihAsuh, memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama insan, yang tua terhadap yang muda, bagi yang memiliki ilmu akan memberikan ilmunya, yang memiliki tahta akan mengayomi terhadap insan duafa demi ketentraman/kesejukan dan kesejahteraan.
4. Siliwangi, artinya Saling Mengharumi.

Eka adalah Satu, nilai-nilai Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh, Siliwangi menyatu, manunggal menjadi satu dalam bahasa agama disebut Tauhid (Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa) yaitu Sila Pertama dalam Pancasila.

Marga adalah Jalan, Perjalanan hidup dan kehidupan pada hakekatnya melaksanakan ibadah kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga tercapai kesejahteraan dan Kebahagiaan lahir bathin untuk kehidupan dunia dan kelak di akhirat.